Aktifitas Naposo Bulung

Kumpulan Naposo juga dibentuk dalam rangka mempererat hubungan antar keturunan Tuan Sogar.   Adanya punguan naposo ini atas diskusi Op. Boas Manurung (Elfanus Manurung) sebagai salah satu penasehat, Lungguk Manurung sebagai Ketua Punguan Tuan Sogar Manurung, Oppung Parsadaan Manurung dan Prof. Dr. Adler Haymans Manurung.  Diskusi singkat yang memutuskan harus dibentuknya kumpulan naposo tersebut.   Adanya kumpulan naposo ini dibentuk dalam rangka membuat aktifitas sebagai berikut:

  1. Mempererat hubungan antar naposo supaya saling kenal.
  2. Sarana berbagi informasi untuk kepentingan bersama, seperti lowongan kerja dan pendidikan.
  3. Membantu Punguan Tuan Sogar Manurung dohot Boruna seperti pesta Bona Taon sebagai penerima tamu.
  4. Mempersiapkan perayaan Natal dengan koordinasi dari orangtua melalui Punguan Tuan Sogar Manurung dohot Boruna.
  5. Membantu Punguan Tuan Sogar Manurung dohot Boruna dalam rangka pengembangan punguan.  membuat sebuah gerakan dan tercipta sebuah Natal di kumpulan Tuan Sogar.

Sebagai wujud dari pendirian kumpulan naposo ini maka diadakan aktifitas pelatihan kepada Naposo yang dilaksanakan pada 18 – 19 Juli 2009 di Wisma Toegoe, Puncak Jawa Barat.  Pada acara pelatihan pertama ini telah hadir sekitar 80 orang naposo dan sekitar 20 orangtua sebagai peninjau. Adapun materi yang diberikan yaitu membuka bisnis kecil, membuat cv,  lamaran yang baik, menghadapi wawancara dan menghadapi ujian Psikologi serta tidak lupa menjelaskan tarombo.  Pelatihan ini diliput majalah TABE dan beritanya menjadi pembicaraan semua pihak karena dianggap satu punguan yang telah membuat loncatan jauh kedepan dalam rangka membina naposonya. Pada pelatihan ini terpilih jadi Ketua Naposo yaitu Ralian Jawalsen Manurung untuk periode 2009 – 2012.

Pelatihan kedua dilakukan pada tahun 2014, dimana para peserta diperkenalkan mengenai anak-anak Tuan Sogar Manurung yang telah berhasil mencapai sekolah yang lebih dan pelatihan tersebut dilakukan di Jakarta.  Acara pelatihan ini menjadi sebuah keinginan yang sangat tinggi baik dari naposo maupun dari orangtua dan ingin berlanjut secara berkala.  Aktifitas pelatihan dapat diperhatikan pada berita berikutnya.  Acara pelatihan ini selalu dikerjakan duet Prof. Dr. Adler Haymans Manurung dan Anton Manurung (Sekum PTSMB) dan dibantu yang lain.